Chat WhatsApp

Jasa Pembuatan Cold Storage untuk Es Kristal dan Es Balok

shape image

Jasa Pembuatan Cold Storage untuk Es Kristal dan Es Balok

Fabrikasi Cold Storage, Jual Cold Storage Es Batu, Harga Cold Storage Es Kristal, Pembuatan Cold Storage Es Balok


Cold storage untuk es batu kristal dan es balok  berguna untuk menyimpan es balok dan es kristal supaya tidak mencair. Seperti Anda tahu es merupakan benda yang mudah sekali mencair apabila terkena udara panas sehingga  produsen atau penjual es biasanya memanfaatkan cold storage untuk menjaga kualitas es agar tetap beku.


Apa itu Es Kristal?


Es kristal adalah jenis es yang paling mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih untuk Anda yang sering membeli minuman di warung-warung, kedai, ataupun cafe. Es kristal banyak digunakan untuk campuran minuman karena lebih praktis dibanding jenis es lain. Es kristal juga memiliki sifat yang tidak akan mengubah rasa minuman karena tidak ada campuran dalam proses pembuatan es kristal. 

Biasanya es kristal dibuat dari air sumur yang telah mengalami proses penyaringan sehingga berubah menjadi air mineral ataupun air RO. Karakteristik dari es kristal adalah berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya dan memiliki panjang sekitar 3 sampai 5 cm berwarna putih bening. 

Biasanya es kristal sudah dipak dalam kemasan 5 kilo, 10 kilo, ataupun 20 kilo oleh para penjual es kristal. Cara pengemasan inilah yang menjadi salah satu alasan es kristal menjadi lebih higienis. Sebelum didistribusikan ke para konsumen biasanya produsen es kristal menyimpan es yang sudah di packing di dalam cold storage untuk es batu kristal dan es balok.


Pengertian Es Balok !


Jika kebanyakan pengguna es kristal adalah bisnis yang memanfaatkan es kristal untuk dikonsumsi secara langsung ataupun untuk bahan campuran makanan, berbeda halnya dengan es balok yang biasanya dimanfaatkan untuk mengawetkan buah-buahan, ikan, ataupun untuk membuat hiasan patung. 

Es balok tidak dikonsumsi secara langsung oleh manusia karena ukurannya yang besar. Untuk mendinginkan minuman biasanya hanya minuman dengan kemasan botol atau kaleng yang memanfaatkan es balok. 

Industri perikanan adalah salah satu bidang usaha yang paling banyak memanfaatkan es balok. Para nelayan biasanya menggunakan es balok ini untuk mengawetkan hasil tangkapan mereka supaya tetap segar. Es balok juga digunakan untuk menyimpan ikan di gudang pendingin supaya ikan tidak busuk sebelum didistribusikan ke konsumen. 

Mengawetkan ikan menggunakan es balok tentu jauh lebih sehat dibanding penggunaan bahan kimia atau formalin. Dalam menjaga stok, biasanya para pedagang es balok untuk nelayan menyimpan produk es mereka di dalam cold storage untuk es batu kristal dan es balok yang letaknya tidak jauh dari pemukiman nelayan.


Spesifikasi Cold Storage untuk Es Batu Kristal dan Es Balok

Cold Room Bekas, Cold Room Buah, Cold Room Bawang Merah, Cold Room Container, Cold Room Cabai

Cold storage merupakan ruang yang dilengkapi dengan mesin pendingin seperti halnya kulkas namun memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Cold storage beroperasi di suhu lingkungan sekitar 33 derajat celcius sampai dengan 35 derajat celcius dan suhu pada pendinginan -25 derajat celcius. Sistem penerangan pada mesin pendingin ini memakai lampu fluorescent waterproof yang tahan terhadap air dan lingkungan dingin. 

Berikut ini adalah beberapa komponen yang ada di dalam cold storage 

  1. Kompresor 
  2. Kondensor 
  3. Evaporator 
  4. Panel Sandwich Untuk Lantai 
  5. Panel Sandwich Untuk Dinding
  6. Panel Sandwich Untuk Atap

Cara Melakukan Perawatan Cold Storage


Cold storage untuk es batu kristal dan es balok yang tidak dirawat akan cepat rusak sehingga membuat es batu kristal dan es balok yang disimpan di dalamnya menjadi mudah rusak. Supaya tidak mudah rusak Anda harus melakukan perawatan terhadap cold storage secara berkala.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:


1. Bersihkan Evaporator Secara Berkala


Evaporator bisa dibersihkan menggunakan kuas atau sikat. Apabila ada bunga es di evaporator pertama-tama mesin es dimatikan terlebih dahulu agar bunga es yang menempel mudah dibersihkan karena sudah mencair. 

Jangan menggunakan benda tajam untuk mencongkel es yang masih keras karena bisa membuat mesin rusak. Evaporator sebaiknya dibersihkan secara rutin dan berkala karena bisa berpengaruh pada proses pendinginan. Evaporator yang kondisinya kotor bisa menghambat pendinginan dan dalam kondisi parah bisa membuat evaporator tidak dingin sama sekali.


2. Bersihkan Kondensor Secara Berkala


Kondensor adalah komponen pokok di dalam mesin cold storage untuk es batu kristal dan es balok sehingga membutuhkan perlakuan khusus saat membersihkannya. Anda bisa menggunakan kuas saat membersihkan kondensor supaya semua debu-debu yang menempel bisa hilang dengan sempurna

Biasanya kondensor dibersihkan tiap 6 bulan sekali agar proses pendinginan tidak terganggu. Saat kondensor kotor maka proses pendinginan akan berjalan lebih lama sehingga kebutuhan listriknya menjadi lebih besar. Bahkan kondensor yang tidak rutin dibersihkan bisa membuat kompresor rusak juga.


3. Jagalah Suhu Agar Tetap Stabil


Anda sangat tidak disarankan memasukkan benda atau produk bersuhu panas ke dalam cold storage untuk es batu kristal dan es balok. Benda bersuhu panas yang dimasukkan ke dalam mesin cold storage  akan membuat suhu di dalam ruangan menjadi tidak stabil dan lama-lama membuat mesin cold storage menjadi rusak. 

Oleh sebab itu jika ingin memasukkan sesuatu ke dalam cold storage pastikan untuk memeriksanya apakah masih panas atau sudah dingin. Gunakan juga perangkat khusus untuk proses bongkar muat agar suhu panas dari luar tidak masuk.


4. Periksa Kestabilan dan Kondisi Sistem Kelistrikan Secara Berkala


Hal yang tak kalah penting dalam melakukan perawatan terhadap cold storage untuk es batu kristal dan es balok adalah melakukan pengecekan secara rutin terhadap sistem kelistrikan mesin.

Pertama-tama Anda bisa melakukan pengecekan pada sambungan kabel. Pastikan kabel tidak kendur karena kondisi ini bisa memicu percikan api dan bahkan yang lebih buruk menimbulkan kebakaran. Cek juga bagian tegangan, pastikan mesin dalam kondisi tegangan wajar.


Harga Cold Storage untuk Es Kristal dan Es Balok

Beli Cold Storage Second, Beli Cold Storage Sliding Door, Beli Cold Storage Udang


Harga cold storage untuk es batu kristal dan es balok sangat bergantung pada kapasitas atau daya tampung cold storage. Semakin besar kapasitas yang mampu ditampung oleh sebuah cold storage tentu harganya juga akan semakin mahal. 

Namun hal yang paling menarik dari mesin cold storage adalah bisa dibuat sesuai permintaan atau custom. Jadi Anda bisa menyesuaikan luas ruangan dengan mesin cold storage yang akan dibuat. Caranya adalah konsultasikan terlebih dahulu mesin cold storage yang diinginkan pada produsennya. 

Biasanya untuk sistem pembayarannya uang muka sebesar 50% dibayarkan saat pemesanan cold storage dan 45% dibayarkan saat mesin masuk ke proses pembuatan dan 5% sisanya dibayar saat cold storage siap untuk dikirim. 

Informasi lebih lanjut mengenai harga cold storage untuk es batu kristal dan es balok Anda bisa menanyakannya langsung melalui chat wa ke nomor 0812-3131-6315.

Hubungi:

Pak Haki

TELP/WA: 0812-3131-6315


Pabrik Cold Storage

Office:

Jl. Raya Saimbang No. 433, Desa Kebonagung

Kec. Sukodono, Sidoarjo.

 


Jual Cold Storage, Harga Cold Storage, Pembuatan Cold Storage, Kontraktor Cold Storage

Bisa dipastikan Anda akan puas jika memesan cold storage di pabrik kami karena kami berani memberikan garansi selama setahun atau 18 bulan terhitung setelah pengiriman sehingga Anda tidak perlu khawatir jika cold storage produksi kami mengalami kerusakan akibat kesalahan produksi. 

Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami dan dapatkan cold storage dengan berbagai kapasitas dengan harga terjangkau. 


© Copyright 2022 Pabrik Cold Storage | TELP: 0812-3131-6315

Form WhatsApp

Isi Sesuai Dengan Estimasi Kebutuhan Anda.

Kirim WhatsApp