Chat WhatsApp

TERMURAH !, Pembuatan Cold Storage untuk Es Krim

shape image

TERMURAH !, Pembuatan Cold Storage untuk Es Krim

Jasa Pembuatan Cold Storage Es Krim, Kontraktor Cold Storage Es Krim, Harga Cold Storage Es Krim, Jual Cold Storage Es Krim

Cold storage untuk es krim adalah ruang penyimpanan khusus bersuhu dingin yang digunakan oleh para produsen es krim ataupun distributor es krim untuk mempertahankan bentuk es supaya tidak mencair. Tentu saja es krim harus tetap terjaga bentuknya sampai waktunya dinikmati karena es krim yang sudah cair rasanya tidak enak. 

Pada dasarnya es krim merupakan makanan yang mudah sekali mencair saat terkena suhu ruang. Setelah mencair es krim menjadi sarang bakteri jika tidak langsung dikonsumsi. Bahkan es krim yang mencair dan telah terkontaminasi bakteri maka bakteri tersebut akan tetap bertahan walau pembekuan kembali dilakukan.


Jasa Pembuatan Cold Storage Ice Cream Custom


Cold storage untuk es krim bisa dipesan dengan ukuran custom. Cold storage dirancang khusus sesuai dengan ruangan  yang nantinya digunakan untuk penyimpanan es krim. Jadi Anda bisa memesan cold storage untuk berbagai keperluan bisnis entah itu bisnis yang berskala kecil bisnis, berskala menengah, ataupun bisnis berskala besar. 

Nantinya mesin cold storage kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa contoh kapasitas cold storage untuk es krim adalah cold storage kapasitas 500 kg, 1 ton, 2, ton, 3 ton, 5 ton dan 30 ton. 

Yang lebih menarik lagi suhu pada mesin cold storage bisa disetting agar sesuai dengan jenis barang yang disimpan di dalamnya. Pentingnya mengatur ketepatan suhu untuk memastikan bahwa produk yang disimpan di dalamnya bisa bertahan selama mungkin dengan kualitas yang terjaga. 

Selain membuat es krim tetap beku,  cold storage untuk es krim bisa mencegah bakteri ataupun jamur tumbuh mengkontaminasi es krim. Oleh sebab itu ruangan pendingin dibuat menggunakan bahan material khusus yang bisa menjaga dan mempertahan suhu sesuai kebutuhan.


Spesifikasi Cold Storage Es Krim


Harga Cold Storage Yogurt, Harga Cold Storage 100 Ton, Harga Cold Storage 20 Ton


Cold storage banyak digunakan pada hotel,  restoran, rumah sakit, distributor bahan makanan, dan pabrik es krim untuk memastikan bahwa produk yang disimpan di dalamnya tetap awet dan tidak terkontaminasi oleh bakteri ataupun mikroorganisme dari luar. Kemampuan cold storage dalam mempertahankan kualitas produk makanan atau minuman tak lepas dari spesifikasi yang dimilikinya.

Bagian Terpenting dari Cold Storage

  1. Evaporator
  2. Kompresor
  3. KondensorExpansion Device

Komponen Pendukung Pada Cold Storage


1. Receiver

Receiver adalah media penampung sementara cairan yang keluar dari kondensor. Receiver berperan untuk memastikan bahwa semua yang keluar dari kondensor sudah berbentuk cairan. Posisi receiver dipasang setelah kondensor dan sebelum filter dryer. 

2. Filter Dryer

Filter dryer berguna untuk menyerap dan menyaring kotoran yang ada pada cold storage. Posisi filter dryer ada di antara receiver dan moisture indicator pada cold storage untuk es krim. 

3. Moisture Indicator

Sight glass atau moisture indicator berguna untuk mendeteksi kualitas refrigerant dan juga sirkulasi refrigerant di dalam cold storage. Ada dua indikator yang terpampang di moisture indikator yaitu indikator berwarna hijau dan indikator berwarna kuning.

Lampu indikator berwarna hijau menandakan bahwa di dalam sistem tidak ada uap air sedangkan lampu indikator berwarna kuning menandakan bahwa sistem mengandung uap air dan perlu di vakum. 

4. Solenoid Valve dan Shut Off Valve

Solenoid valve bermanfaat untuk pumpdown. Selain itu solenoid valve berfungsi untuk mengalirkan maupun menghentikan laju reaksi pada sistem secara otomatis jika telah mencapai suhu yang diinginkan. Sesuai namanya, Shut off valve berguna untuk menghentikan laju reaksi secara manual ketika solenoid valve tidak bisa bekerja secara otomatis. 

5. Pressure Control

DPC atau Differential Pressure Control adalah alat yang berguna untuk mengontrol tekanan pada refrigerant. DPC juga berfungsi untuk melindungi sistem dari kerusakan fatal saat terjadi tekanan yang tidak normal. Pada DPC ada pressure gauge HPG dan LPG. 

  • HPG atau high pressure gauge berguna untuk mengamankan cold storage saat terjadi kenaikan tekanan akibat fan kondensor macet atau mati. Saat hal ini terjadi sistem HPG akan off. 
  • LPG atau low pressure gauge merupakan alat pengaman tekanan ketika terjadi kebocoran sistem. Saat gas berkurang mencapai titik nol psi sistem akan off.


Cara Kerja Cold Storage Es Krim


1. Pertama-tama refrigerant masuk ke dalam kompresor melalui pipa-pipa dan di dalam kompresor refrigerant berubah menjadi gas bersuhu rendah. Di dalam kompresor, refrigerant tetap berwujud gas namun tekanan dan suhunya tinggi. 

Hal ini terjadi karena fungsi kompresor yang berperan dalam proses refrigerasi yaitu memompa tekanan refrigerant dan menghisap serta mengkonversikan refrigerant yang tadinya tidak memiliki tekanan dan suhunya rendah menjadi refrigerant bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi. 

2. Setelah refrigeran masuk ke dalam kondensor, gas bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi berubah menjadi cairan bertekanan tinggi dan bersuhu rendah. 

3. Selanjutnya cairan disalurkan ke liquid receiver. Alat ini berguna untuk menampung sementara cairan yang keluar dari kondensor supaya refrigerant yang dialirkan ke katup ekspansi semuanya berwujud cairan. 

4. Selanjutnya cairan bersuhu rendah dan bertekanan tinggi dialirkan menuju ke moisture indikator untuk melihat apakah cairan tersebut mengandung uap ataukah tidak.

5. Setelah itu refrigerant mengalir ke solenoid valve

6. Refrigerant yang berbentuk gas dan memiliki tekanan dan suhu rendah selanjutnya masuk ke pipa evaporator. Proses ini akan terjadi secara berulang-ulang hingga cold storage mencapai suhu yang diinginkan.


Cold Storage untuk Produsen Es Krim


Jasa Pembuatan Cold Storage Es Krim, Kontraktor Cold Storage Es Krim, Harga Cold Storage Es Krim, Jual Cold Storage Es Krim, Pembuatan Ruangan Pendingin Es Krim, Jual Harga Gudang Pendingin Es Krim


Cold storage untuk es krim memiliki pengaruh yang sangat besar bagi produsen es krim karena disinilah mereka menyimpan produk sebelum dipasarkan dan didistribusikan. Dalam proses pembuatan es krim melibatkan banyak sistem pendinginan mulai dari pembekuan, aerasi, pengerasan hingga penyimpanan di dalam cold storage untuk es krim. 

Saat memasuki proses pembekuan dan aerasi, es krim berbentuk buih yang stabil lalu masuk ke proses pengerasan agar saat dikemas bentuk es tidak lembek. Setelah dikemas baru es krim disimpan di dalam cold storage untuk es krim agar es krim tetap keras dan tahan lama. 

Suhu yang diperlukan selama proses pendinginan pada es krim yaitu 0 derajat celcius. Saat proses pengerasan dibutuhkan suhu dingin yang cukup besar yaitu sekitar -30 derajat celcius sampai dengan -35 derajat celcius agar es krim yang tadinya lembut berubah menjadi keras. Sedangkan untuk suhu yang dibutuhkan saat penyimpanan di dalam cold storage untuk es krim adalah -25 derajat celcius.


Harga Cold Storage untuk Es Krim


Harga cold storage untuk es krim adalah Rp…… . Untuk sistem pembayarannya uang muka nya 50% Setelah Anda melakukan pemesanan mesin cold storage, lalu 45% dibayarkan saat mesin masuk dalam proses pembuatan dan sisanya 5% dibayar setelah cold storage untuk es krim siap dikirim ke tempat Anda. 

Perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut belum termasuk biaya instalasi mesin cold storage, biaya PPN, biaya pengiriman, dan biaya packing kayu. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga cold storage es krim Anda bisa menghubungi kami via chat wa ke nomor 0812-3131-6315. Bisa dipastikan Anda tidak akan kecewa memesan cold storage di pabrik kami karena kami merupakan produsen mesin pendingin yang telah berpengalaman lebih dari 8 tahun.


© Copyright 2022 Pabrik Cold Storage | TELP: 0812-3131-6315

Form WhatsApp

Isi Sesuai Dengan Estimasi Kebutuhan Anda.

Kirim WhatsApp