Chat WhatsApp

CALL: 0812-3131-6315, Jual Cold Storage Air Blast Freezer (ABF) untuk Daging dan Ayam

shape image

CALL: 0812-3131-6315, Jual Cold Storage Air Blast Freezer (ABF) untuk Daging dan Ayam

Air Blast Freezer Daging Sapi, Air Blast Freezer Daging Ayam, Cold Storage Room Daging Ayam, Jual ABF, Harga ABF

Cold storage untuk daging dan ayam adalah ruangan khusus bersuhu dingin yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan berupa daging dan ayam supaya tidak cepat busuk dan lebih awet. Biasanya cold storage dimiliki oleh para pedagang daging, perdagang ayam, pengusaha pemotongan ayam dan daging, restoran besar, hotel, kapal-kapal besar dan pabrik pengolahan ayam/daging.

Keberadaan cold storage untuk daging dan ayam sangat penting mengingat kebutuhan terhadap pangan semakin hari semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Sedangkan tidak semua tempat memiliki peternakan sehingga kebutuhan terhadap bahan pangan hasil ternak masih bergantung dari daerah lain.


Cold Storage untuk Rumah Potong Hewan


Distribusi hasil ternak berupa hewan hidup tentu jauh lebih sulit sehingga untuk distribusi ayam dan daging dari peternak ke konsumen biasanya hewan sudah dipotong dan dibersihkan. Setelah dibersihkan dan dikemas selanjutnya hasil ternak disimpan dalam cold storage untuk daging dan ayam.

Rumah potong hewan biasanya memiliki ruangan khusus untuk pengolahan daging yang tiap ruangan memiliki fungsi sendiri agar kebersihan daging maupun ayam tetap terjaga. Berikut ini ruangan yang ada di tempat pemotongan hewan modern:

  • Eviscerating area
  • Drum chiller
  • Chiller room
  • Ruang boneless
  • Blast freezer
  • Freezer room
  • Loading area

Tahapan Penggunaan Cold Storage di Rumah Potong Ayam


1. Slaughtering Area

Ruangan ini berfungsi untuk proses penyembelihan ayam. Namun sebelum dilakukan penyembelihan ayam akan diperiksa untuk memastikan bahwa hewan masih hidup. Selanjutnya hewan disembelih dengan metode yang disyariatkan. Setelah disembelih, hewan digantung untuk memisahkani darahnya.


2. Eviscerating Area

Pada tahap ini kepala dipotong dan ditaruh dalam wadah khusus sedangkan jeroan ayam diambil lalu dipisahkan dari dagingnya. Setelah semua dikeluarkan bagian dalam dan luar disiram menggunakan air supaya bersih.


3. Drum Chiller

Proses pengolahan ayam menggunakan 2 drum chiller. Ayam yang sudah digantung dan dikeluarkan jeroannya akan disimpan pada drum chiller 1 kemudian ayam yang sudah bersih akan dicuci kembali dan masuk ke drum chiller 2 untuk ke tahap selanjutnya yaitu pendinginan. 

Selama proses ini air harus selalu terjaga suhunya yaitu 0 derajat celcius dan kadar klorinnya 20-50 ppm. Ketika keluar dari drum chiller, daging ayam suhunya tidak boleh lebih dari 4 derajat celcius.


4. Chiller Room

Pengolahan ayam potong memerlukan 2 chiller room, 1 chiller room digunakan untuk menyimpan daging dan tulang giling lalu chiller room lainnya digunakan untuk menyimpan ayam bersih. Bisa dikatakan chiller room merupakan tempat penyimpanan sementara karena masa simpannya tidak boleh lebih dari 3 hari.


5. Boneless Area

Boneless area yaitu tempat pemisahan tulang dan daging biasanya ada dua cara yang dilakukan yaitu melalui boneless rell dan boneless meja.


6. Blast Freezer

Sebelum masuk ke cold storage untuk daging dan ayam, produk ternak sebelumnya harus masuk ke ruang blast freezer. Blast freezer adalah tempat untuk membekukan ayam dan daging secara cepat dengan suhu standar antara -30 derajat sampai dengan -35 derajat celcius. Produk ayam dan daging yang masuk ke blast freezer merupakan produk jadi yang sudah bersih dan siap disimpan.


8. Cold Storage

Setelah melalui semua tahapan di atas, baru ayam bisa masuk ke dalam cold storage untuk daging dan ayam. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk menyimpan semua produk beku. Setelah produk diberi label, selanjutnya dimasukkan ke dalam cold storage dan dimaksudkan ke rak masing-masing sesuai bagiannya. Masa simpan di dalam cold storage kurang lebih 365 hari atau 1 tahun lamanya.


Cold Storage untuk Daging

Harga Air Blast Freezer Daging Sapi, Air Blast Freezer Daging Ayam, Cold Storage Room Daging Ayam, Jual ABF, Harga ABF


Sama halnya seperti ayam, daging yang tidak langsung mendapatkan penanganan khusus akan mudah busuk karena perkembangbiakan bakteri patogen yang tidak terkendali. Selama ini banyak orang berpikir bahwa ayam maupun daging beku tidak sehat sehingga mereka lebih memilih ayam segar yang baru dipotong dan dijual di pasar-pasar.

Sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena ayam dan daging beku justru telah mendapatkan penanganan khusus sehingga bebas dari kuman dan bakteri sebelum disimpan di dalam cold storage untuk daging dan ayam dan menjadi produk beku.

Setelah hewan dipotong biasanya daging akan segera dibersihkan, disortir, dipacking dan disimpan di ruang khusus berpendingin untuk menjaga rasa, bentuk dan teksturnya. Penyimpanan yang baik akan membuat kualitas daging tetap sama seperti baru disembelih walau sudah disimpan dalam waktu cukup lama.

Sebelum disimpan dalam cold storage untuk daging dan ayam, daging harus dibekukan terlebih dahulu dengan suhu minimal -18 derajat celcius.


Spesifikasi Cold Storage untuk Daging dan Ayam


Cold storage bisa berfungsi dengan baik dan mampu menyimpan daging dengan waktu sampai berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun karena cold storage dibuat menggunakan bahan berkualitas dan teknologi canggih. Berikut adalah spesifikasi cold storage secara umum:


1. Body Panel

Body panel cold storage terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh sehingga mampu melindungi produk yang ada di dalamnya. Selain kokoh, tentu saja body panel mampu mempertahankan suhu di dalam cold storage agar tetap stabil.

2. Condensing Unit

Condensing unit pada cold storage berfungsi sebagai penukar panas ke dingin dan berguna sebagai kondensat uap refrigerant yang ada pada cairan dan juga  kipas agar refrigerant selalu dalam keadaan dingin.

3. Evaporator

Evaporator adalah komponen pada cold storage yang berguna untuk menyerap hawa panas di dalam ruang cold storage dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk hawa yang sudah dingin.

Perawatan Cold Storage


Karena harganya tidak murah, Anda harus menjaga cold storage sebaik mungkin. Apabila terjadi kerusakan atau cold storage tidak berfungsi dengan semestinya pastikan untuk memanggil teknisi atau ahlinya. Jangan sembarangan dalam memperbaiki cold storage. Berikut perawatan cold storage secara umum:

  • Anda harus selalu memastikan cold storage selalu dalam keadaan yang stabil
  • Warehouse selalu terjaga kebersihannya
  • Melakukan pre cooling terhadap beberapa produk tertentu sebelum masuk ke cold storage
  • Tidak ada polusi masuk ke dalam cold storage
  • Melakukan pemeriksaaan secara berkala terhadap produk yang disimpan di dalam cold storage.

Saat memasuki area cold storage, gunakan sarung tangan karet, sepatu karet, masker dan penutup rambut khusus. Hal ini dilakukan untuk menjaga ruangan cold storage selalu dalam kondisi higienis. Kebersihan yang terjaga akan memperpanjang usia penyimpanan daging dan membuat cold storage menjadi awet.

Dalam menjaga kestabilan suhu saat bongkar muat, Anda bisa menyiasatinya dengan menerapkan loading system. Loading system memungkin truk untuk membuka pintu di dalam cold storage sehingga tidak ada celah bagi udara atau polusi dari luar masuk.

Harga Cold Storage untuk Menyimpan Daging Sapi dan Ayam

Harga cold storage untuk daging dan ayam sekitar Rp. 45.000.000 s/d Rp. 160.000.000, tergantung dari spesifikasi dan ukuran ukuran yang dibutuhkan. Harga ini belum termasuk biaya pemasangan, biaya packing menggunakan kayu, biaya instalasi cold storage, biaya akomodasi teknisi dan biaya PPN 11%.

Cold storage akan dipacking kayu saat pengiriman. Hal ini untuk menghindari kerusakan selama di perjalanan. Seperti kita tahu banyak kejadian di luar prediksi yang mungkin saja terjadi.


Pabrik Produsen Cold Storage

Harga Air Blast Freezer Daging Sapi, Air Blast Freezer Daging Ayam, Jual Cold Storage Room Daging Ayam, Jual ABF, Harga ABF


Untuk mendapatkan cold storage dengan harga murah namun mutunya terjamin Anda bisa beli cold storage untuk daging dan ayam di pabriknya langsung.

Tidak perlu jauh-jauh datang ke pabrik untuk memesannya karena kami merupakan produsen aneka mesin pendingin untuk berbagai kebutuhan yang bisa dipesan secara online. Anda bisa hubungi kami melalui telepon atau chat wa ke nomor 081231316315.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau pemesan cold storage berkualitas dengan harga terjangkau.

© Copyright 2022 Pabrik Cold Storage | TELP: 0812-3131-6315

Form WhatsApp

Isi Sesuai Dengan Estimasi Kebutuhan Anda.

Kirim WhatsApp