Chat WhatsApp

0812-3131-6315 | Harga Pembuatan Cold Storage 20, 30, dan 50 Ton

shape image

0812-3131-6315 | Harga Pembuatan Cold Storage 20, 30, dan 50 Ton

Cold storage 20, 30, dan 50 ton adalah sebuah ruangan yang dirancang secara khusus agar bisa menghasilkan suhu tertentu dan bertujuan untuk menyimpan produk-produk makanan dengan kapasitas sampai 20.000 kilo, 30.000 kilo dan 50.000 kg. 



Produk makanan jadi  maupun bahan makanan yang disimpan di dalam cold storage secara benar ketika dicairkan kembali kondisinya masih sama seperti aslinya baik dari segi bentuk, rasa, dan teksturnya karena tujuan utama cold storage adalah untuk menjaga dan memperpanjang kesegaran produk bahan makanan. 


Menjaga Stabilitas Suhu Pada Cold Storage 20, 30, dan 50 Ton



Menjaga Stabilitas Suhu Pada Cold Storage 20, 30, dan 50 Ton



Kunci utama dari keawetan dan kesegaran produk makanan yang disimpan dalam cold storage adalah kondisi suhu yang stabil. Saat kondisi suhu di dalam ruang pendingin tidak stabil maka akan berdampak pada kerusakan produk yang disimpan di dalamnya. 

Karena produk yang ada di dalam cold storage tidak selamanya disimpan namun suatu saat akan dikeluarkan untuk digunakan atau didistribusikan maka saat proses keluar masuk produk biasanya membuat suhu ruangan menjadi tidak stabil akibat pengaruh dari udara di luar ruang pendingin. 

Proses keluar masuk produk yang terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan suhu dari luar masuk. Hal ini seringkali membuat suhu ruangan pendingin menjadi tidak stabil hingga akhirnya kualitas produk yang ada di dalam cold storage menjadi menurun. Lebih parahnya lagi suhu yang tidak stabil secara terus menerus akan membuat cold storage rusak. 

Solusi agar suhu dari luar tidak masuk melalui celah-celah pintu saat proses bongkar muat adalah menggunakan pintu khusus tambahan agar tidak ada celah bagi udara dari luar masuk ke dalam ruang pendingin. Pintu khusus untuk bongkar muat bisa menjaga suhu di dalam cold storage tetap stabil dan akhirnya produk yang disimpan di dalamnya tetap terjaga. 





Manfaat Menjaga Stabilitas Suhu Cold Storage



Cold storage 20, 30, dan 50 ton yang selalu dijaga stabilitas suhunya akan membuat mesin bisa berfungsi dengan baik dan mesin menjadi awet. Berikut ini manfaat yang akan Anda dapat jika menjaga cold storage dengan baik. 


1. Proses penyimpanan tidak akan mengalami gangguan akibat cold storage tidak dingin


2. Menekan biaya perawatan akibat kerusakan


3. Memperpanjang usia cold storage dan produk yang disimpan didalamnya




Manfaat Menjaga Stabilitas Suhu Cold Storage



Perawatan Pada Cold Storage



Ada dua jenis perawatan pada cold storage 20, 30, dan 50 ton yaitu perawatan rutin dan perawatan tidak terencana. 


1. Perawatan rutin

Perawatan rutin merupakan perawatan yang dilakukan untuk tindakan pencegahan agar cold storage tidak mengalami kerusakan. Hal ini meliputi pembersihan pada komponen cold storage dan pemeriksaan pada sistem kelistrikannya yang biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Selain itu ada beberapa metode yang dilakukan dalam proses maintenance rutin yaitu:


Monitoring pada bagian minyak pelumas


Pelumas pada mesin cold storage berperan sebagai pendingin, peredam getaran, pencegah korosi, dan pembawa kotoran yang ada pada cold storage. 


Monitoring visual


Monitoring visual adalah memanfaatkan indra perasa, indra penglihatan, indra penciuman dan indera pendengaran untuk memeriksa kondisi mesin. Supaya hasilnya lebih akurat teknisi biasanya menggunakan alat bantu. 


Monitoring geometris


Monitoring geometris secara operasional meliputi pengukuran posisi dan pengukuran leveling. 


Monitoring getaran


Monitoring getaran dilakukan untuk deteksi sedini mungkin kerusakan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Monitoring getaran harus dilakukan rutin dan berkesinambungan. 


Monitoring kinerja


Monitoring kinerja adalah teknik monitoring untuk mengukur dan memeriksa kinerja mesin yang selanjutnya dibandingkan dengan standar yang ada. 


2. Perawatan tidak terencana



Yang kedua adalah perawatan tidak terencana. Perawatan ini sering disebut juga perawatan darurat dan dilakukan saat mesin mengalami masalah sehingga menimbulkan penurunan kualitas sistem pendinginan atau kegagalan fungsi cold storage.


Perawatan biasanya bertujuan untuk memperbaiki kerusakan pada fasilitas atau alat dalam cold storage agar fungsinya kembali normal. Perawatan tidak terencana ini terbagi menjadi dua yaitu perawatan darurat dan breakdown maintenance. Perawatan darurat dilakukan saat ada salah satu komponen yang rusak sedangkan breakdown maintenance adalah perawatan yang dilakukan saat kondisi mesin mati total. 


Baik perawatan rutin ataupun perawatan darurat pada cold storage 20, 30, dan 50 ton harus dilakukan oleh teknisi yang ahli di bidangnya. 



Spesifikasi Cold storage 20, 30, dan 50 ton


Secara garis besar cold storage 20, 30, dan 50 ton memiliki komponen yang sama namun dengan kapasitas yang berbeda. Komponen tersebut yaitu evaporator, kompresor, kondensor dan katup ekspansi. 


1. Kompresor


Bisa dikatakan kompresor merupakan komponen utama dari sebuah mesin pendingin. Kompresor berguna untuk menekan gas refrigerant agar temperatur dan tekanannya menjadi naik. Setelah itu baru refrigerant dialirkan menuju kondensor lewat discharge line. 


2. Kondensor


Kondensor pada cold storage berfungsi sebagai alat untuk membantu proses perpindahan panas. Kondensor merupakan tempat terjadinya proses kondensasi dimana refrigerant akan berubah dari uap menjadi cairan. Kondensasi terjadi akibat uap refrigeran yang tekanannya tinggi melepaskan panasnya ke media pendinginnya. 


3. Evaporator


Evaporator pada cold storage 20, 30, dan 50 ton berfungsi untuk menyerap panas dari udara yang ada di sekitar ruangan atau panas dari produk yang disimpan di dalam ruang pendingin lalu menggunakan panas tersebut untuk mengubah refrigerant cair menjadi uap jenuh. 


4. Katup Ekspansi


Katup ekspansi berguna untuk menurunkan tekanan refrigerant cair dan mengatur aliran refrigerant kedalam evaporator. 



Jenis-jenis Cold Storage



Ada 4 jenis cold storage yang sering digunakan untuk mengawetkan produk makanan maupun non makanan yaitu freezer room, chilled room, blast chiller dan blast freezer. Tentu saja keempat tipe tersebut memiliki fungsi masing-masing. Blast  freezer dan blast chiller sering dimanfaatkan untuk mendinginkan produk yang butuh waktu cepat sedangkan chilled room dan freezer room berguna untuk menyimpan produk yang harus disimpan dalam suhu tertentu. 



Harga Cold Storage



Harga cold storage 20, 30, dan 50 ton berbeda-beda tergantung dari spesifikasi dan kapasitas yang dimiliki. Harga cold storage biasanya dibebankan juga biaya tambahan untuk PPN, biaya instalasi, biaya packing cold storage menggunakan bahan kayu, biaya akomodasi teknisi, dan biaya pengiriman. 


Sedangkan untuk sistem pembayarannya Anda harus melunasi uang muka sebanyak 50% saat melakukan order. 40% berikutnya dibayarkan saat cold storage masuk ke tahap pembuatan dan 10% sisanya dibayarkan saat cool storage siap dikirimkan ke tempat Anda. 


Informasi lebih lanjut mengenai harga pasti dan diskon yang mungkin bisa Anda terima segera hubungi kami melalui chat wa di nomor 0812 31316315.


Kami merupakan pabrik yang memproduksi cold storage 20, 30, dan 50 ton sehingga harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada toko lain karena masih tangan pertama. 


Segera hubungi kami dan dapatkan cold storage berkualitas yang awet dan tahan lama. 


Posting Komentar

© Copyright 2022 Pabrik Cold Storage | TELP: 0812-3131-6315

Form WhatsApp

Isi Sesuai Dengan Estimasi Kebutuhan Anda.

Kirim WhatsApp