Chat WhatsApp

0812-3131-6315 | Jasa Pembuatan Cold Storage Kapasitas 2, 5 dan 10 Ton

shape image

0812-3131-6315 | Jasa Pembuatan Cold Storage Kapasitas 2, 5 dan 10 Ton

Cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton merupakan ruang berpendingin yang mampu mengawetkan bahan makanan dengan kapasitas cukup besar mulai dari 2000 kg, 5.000 kg atau bahkan 10.000 kg. 

Apa Itu Cold Storage kapasitas 2,5 Dan 10 Ton?


Apa Itu Cold Storage kapasitas 2,5 Dan 10 Ton?




Banyak sekali industri yang memerlukan cold storage dalam operasionalnya seperti supermarket, restoran, pedagang ikan berskala besar, pedagang makanan beku, supplier ikan, kapal-kapal penangkap ikan dan masih banyak lagi lainnya. 

Cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton cocok dimiliki oleh Anda para pengusaha yang membutuhkan penyimpanan berpendingin dengan kapasitas besar. Cold storage bisa dibuat dengan ukuran sesuai luas ruang yang akan dipasangi. Anda bisa membeli cold storage secara custom untuk mendapat ruang berpendingin dengan luas yang diinginkan. 


Spesifikasi Cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton


Cold storage  memiliki kemampuan untuk menyimpan bahan makanan dalam jangka waktu sampai berbulan-bulan lamanya tanpa mengurangi kualitas dari bahan makanan tersebut. 

Dengan metode penyimpanan yang tepat, bahan makanan yang dikeluarkan dari cold storage dan telah dicairkan kembali memiliki kualitas yang sama seperti bahan makanan segar baik dari segi bentuk, tekstur dan juga rasa. 

Kemampuan tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, cold storage dibuat dari bahan berkualitas dan teknologi canggih sehingga bisa mengawetkan makanan dalam jangka waktu lama tanpa mengurangi kualitasnya. Secara garis besar berikut ini spesifikasi dari cold storage:


1. Panel dinding menggunakan sistem camlock knock down

2. Jenis pintu swing

3. Kompresor

4. Evaporator

5. Kondensor

6. Solenoid

7. Panel kontrol: relay, overload, box panel, thermostat digital dan electric contractor

8. Bagian mesin: receiver, akumulator, oil separator

9. Plastic curtain

10. Lampu



Jenis-jenis Cold Storage


Jenis-jenis Cold Storage






Cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton memiliki beberapa jenis, namun yang umum dikenal oleh masyarakat adalah freezer room, blast freezer, blast chiller dan chilled room. Freezer room dan chilled room biasanya digunakan untuk penyimpanan produk-produk yang harus disimpan dalam suhu tertentu sedangkan blast chiller dan blast freezer sering dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan produk dengan suhu tertentu namun membutuhkan waktu cepat untuk proses pendinginannya. 


Chilled room

Chilled room memiliki suhu yang temperaturnya rendah yakni 1 derajat celcius sampai dengan 7 derajat celcius. Ruangan chilled biasanya untuk penyimpanan aneka makanan segar seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan bahan makanan yang memiliki masa simpan tidak lebih dari 60 hari. 


Blast chiller

Blast chiller adalah jenis cold storage yang sering digunakan untuk mendinginkan makanan yang sudah dimasak dengan waktu cepat. Temperatur pendinginan untuk cold storage jenis ini yaitu 1 derajat celcius sampai dengan 4 derajat celcius. 


Freezer room

Freezer room suhu rata-ratanya sekitar -15 derajat celcius sampai dengan -20 derajat celcius. Suhu yang sangat rendah ini sangat ideal untuk penyimpanan bahan makanan yang mudah rusak seperti susu, keju, daging, ikan dan lainnya. Bahan-bahan makanan yang mudah beku sangat cocok disimpan di dalam freezer room. 


Blast freezer

Cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton tipe blast freezer memiliki suhu sekitar -20 derajat celcius sampai -35 derajat celcius. Jenis bahan makanan yang disimpan dalam blast freezer biasanya berupa makanan olahan yang butuh proses pendinginan secara cepat dan instan.

Blast freezer mampu menjaga kualitas makanan sehingga tidak mengubah rasa makanan walau sudah disimpan dalam jangka waktu lama di dalam cold storage. Hal ini terjadi karena di dalam blast freezer suhunya sangat dingin sehingga kuman dan bakteri tidak bisa tumbuh sedangkan kita tahu bahwa mikroorganisme inilah yang membuat makanan menjadi rusak atau basi.



Cara Merawat Cold Storage





Agar tidak cepat rusak, cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya. Perawatan cold storage yang benar juga bertujuan untuk menjaga kualitas bahan makanan yang ada di dalamnya agar tetap terjaga kesegarannya. 

Ketika kinerja cold storage tidak maksimal bisa berdampak pada kerusakan bahan makanan yang akhirnya bisa membuat Anda menjadi rugi. Agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini adalah bagaimana cara merawat cold storage yang bisa Anda lakukan. 


1. Bersihkan Kondensor dan Evaporator

Kondensor dan evaporator merupakan bagian penting dalam cold storage. Oleh sebab itu keduanya harus dibersihkan secara rutin yaitu setiap enam bulan sekali. Kondensor bisa dibersihkan menggunakan kuas agar debu yang menempel bisa hilang. 

Saat kondensor kotor maka proses pendinginan akan jadi lebih lama sehingga kebutuhan listriknya menjadi lebih banyak dari biasanya. Kondensor kotor yang dibiarkan lama-lama juga akan merusak evaporator. 

Sama halnya dengan kondensor, evaporator juga perlu dibersihkan. Anda bisa menggunakan kuas dan sikat untuk membersihkan bunga es yang menempel. Namun sebaiknya jangan mencongkel es yang masih keras dan menempel pada dinding evaporator karena hal ini bisa merusak evaporator. 

Langkah yang tepat untuk membersihkannya yaitu dengan mematikan mesin terlebih dahulu supaya es yang tertinggal di evaporator mencair. Evaporator apabila kotor bisa menyumbat proses pendinginan sehingga bahan makanan yang disimpan di dalamnya menjadi rusak karena kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali. 


2. Periksa Sistem Kelistrikan

Listrik merupakan sumber energi untuk menyalakan cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton. Untuk merawat agar cold storage tidak rusak Anda harus memeriksa sistem kelistrikannya secara rutin. 

Periksa sambungan-sambungan kabel dan pastikan kondisinya kencang. Sambungan kabel yang kendor sangat berbahaya karena bisa memicu timbulnya percikan api. Periksa juga tegangan listriknya pastikan berada pada batas ambang yang sesuai dengan kebutuhan cold storage. 


3. Stabilkan Suhu Ruangan

Cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton harus selalu dalam kondisi suhu yang stabil. Hindari untuk memasukkan bahan makanan atau sesuatu yang suhunya masih panas karena bisa membuat cold storage tidak stabil. 

Saat bongkar muat sebaiknya gunakan perangkat khusus agar pintu  truk bisa dibuka di dalam cold storage sehingga udara dari luar tidak mengkontaminasi udara yang ada di dalam ruang pendingin. 



Harga Cold Storage


Cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton dibanderol dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi dan kapasitasnya. Selain kedua hal tersebut, ada beberapa faktor penentu harga cold storage seperti biaya PPN, biaya instalasi, biaya packing menggunakan kayu, biaya pengiriman dan biaya akomodasi untuk teknisi yang melakukan pemasangan cold storage di tempat Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga Anda bisa menghubungi kami melalui chat WA ke nomor 0812 3131 6315.

Memesan cold storage kapasitas 2, 5 dan 10 ton di pabrik kami tidak akan membuat Anda menyesal karena bisa dipastikan cold storage buatan kami benar-benar berkualitas. Hal ini tak lepas dari pengalaman yang sudah kami jalani selama 8 tahun lama di bidang produksi mesin cold storage. 



Sudah ada banyak sekali testimoni positif dari para pelanggan kami yang sudah menggunakan mesin pendingin produksi kami. Tunggu apalagi? segera pesan sekarang juga! 


Posting Komentar

© Copyright 2022 Pabrik Cold Storage | TELP: 0812-3131-6315

Form WhatsApp

Isi Sesuai Dengan Estimasi Kebutuhan Anda.

Kirim WhatsApp