Chat WhatsApp

Jual Cold Storage Room untuk Ikan dan Udang | CALL: 0812-3131-6315

shape image

Jual Cold Storage Room untuk Ikan dan Udang | CALL: 0812-3131-6315

Cold storage untuk ikan dan udang adalah tempat penyimpanan khusus bersuhu dingin yang difungsikan untuk menyimpan ikan dan udang supaya tidak busuk dan tetap segar. Ikan dan udang merupakan jenis bahan pangan yang mudah sekali membusuk jika tidak disimpan dalam ruangan bersuhu dingin. Dalam melakukan penyimpanan ikan dan udang di dalam cold storage harus melalui serangkaian proses yang higienis.


Pembuatan Cold Storage untuk Ikan dan Udang


Jual Cold Storage Room Ikan, Jual Cold Storage Room Udang, Harga Cold Storage Room Ikan, Harga Cold Storage Room Udang

Dengan penyimpanan yang baik dan benar cold storage bisa mempertahankan kualitas ikan selama 1 sampai 9 bulan. Lama penyimpanan ini sangat tergantung pada jenis dan keadaan ikan. Penyimpanan ikan dan udang yang benar bisa meminimalisir kerusakan ikan dan udang selama masa simpan. 

Beberapa faktor yang menjadi penentu kualitas ikan di dalam cold storage antara lain adalah:

  1. Penyebaran suhu yang ada di dalam cold storage harus merata
  2. Suhu harus selalu stabil dengan fluktuasi yang seminimal mungkin
  3. Distribusi udara harus selalu baik agar suhunya selalu rata
  4. Sirkulasi udara dibuat seminim mungkin untuk mencegah dehidrasi

Cara kerja cold storage untuk ikan dan udang  sebenarnya hampir sama dengan kulkas. Namun yang membedakannya adalah ukurannya yang jauh lebih luas besar. Cold storage suhunya bisa disesuaikan dengan keinginan sesuai kebutuhan. Biasanya ikan mulai membeku di suhu antara -0,60 derajat celcius sampai dengan -20° derajat celcius atau rata-rata pada suhu -10 derajat celcius.


Proses Pembekuan Ikan


Sebanyak 60 sampai dengan 80% tubuh ikan merupakan cairan yang ada di dalam jaringan sel dan ruang-ruang antar sel. Sebanyak kurang lebih 67% berupa air dan selebihnya sekitar 5% adalah bound water. Bound water sendiri merupakan bagian ikan berupa air yang terikat kuat secara kimia di dalam tubuh ikan. 

Pembekuan dilakukan untuk mengawetkan ikan tanpa mengurangi sifat alami ikan. Pembekuan biasanya dilakukan menggunakan suhu yang jauh lebih rendah yaitu suhu yang lebih dingin dari titik beku ikan. Saat ikan dilelehkan untuk dikonsumsi seharusnya kondisinya sama seperti saat sebelum dibekukan. 

Terlebih lagi untuk ikan-ikan yang dikonsumsi dalam kondisi mentah (sashimi) maka dalam proses pembekuannya memerlukan perlakuan khusus agar saat dilelehkan kualitasnya sama seperti ikan segar. 

Berikut ini adalah proses atau tahapan pembekuan ikan dan udang yang dimasukkan ke dalam cold storage untuk ikan dan udang:

  1. Pertama-tama suhu akan menurun sampai ke 0 derajat celcius atau titik beku air
  2. Secara perlahan-lahan suhu terus menurun hingga air berubah menjadi kristal-kristal es.  Tahap ini kita kenal dengan sebutan thermal arrest
  3. Setelah 55% air berubah menjadi es suhu akan terus menurun. Di tahap terakhir ini seluruh air sudah membeku. 

Pembekuan Cepat dan Pembekuan Lambat


Waktu thermal arrest dalam pembekuan dibagi menjadi dua yaitu pembekuan lambat dan pembekuan cepat. Pembekuan secara cepat akan menghasilkan kristal-kristal es kecil di dalam jaringan daging ikan dan udang. Ketika dicairkan kembali kristal-kristal es tersebut akan mencair dan diserap kembali oleh daging. Hanya sebagian kecil saja yang keluar sebagai drip. 

Sedangkan pembekuan lambat akan menghasilkan kristal-kristal es dengan ukuran lebih besar. Kristal es ini bisa merusak susunan jaringan pada daging ikan saat dicairkan. Ikan atau udang yang mengalami pembekuan lambat biasanya kualitasnya agak buruk karena keropos dan berongga. Ikan-ikan yang dibekukan secara lambat tidak cocok untuk diolah sebagai ikan asap dan ikan kaleng. 


Cold Storage untuk Nelayan


Cold storage untuk ikan dan udang memiliki peran penting bagi para nelayan karena mampu menjaga kualitas ikan supaya tetap segar. Walaupun memiliki ukuran yang luas dan besar ada juga cold storage portable yang lebih simple dan sering dimanfaatkan oleh para nelayan untuk menyimpan hasil tangkapan. Biasanya cold storage ini diletakkan di lingkungan pemukiman sekitar nelayan. 

Adanya cold storage membuat nelayan tak lagi kebingungan menyimpan ikan hasil tangkapan sebelum mendapat pembeli yang cocok. Karena kapasitasnya luas, cold storage sangat memudahkan nelayan menyimpan ikan dan udang dengan jumlah besar. Sebelum masuk ke dalam cold storage, ikan dan udang sebelumnya sudah ditimbang, di grading, disortir dan dipacking.


Cold Storage untuk Eksportir Ikan


Pembuatan Cold Storage Room Ikan, Fabrikasi Cold Storage Room Udang, Harga Cold Storage Room Ikan, Harga Pembuatan Cold Storage Room Udang

Ikan adalah komoditas musiman yang di saat-saat tertentu jumlahnya banyak dan melimpah namun di saat tertentu juga jumlahnya menurun  dan bahkan tidak ada. Oleh sebab itu cold storage untuk ikan dan udang sangat diperlukan untuk tempat penyimpanan ketika hasil panen atau tangkapan nelayan melimpah. 

Para eksportir ikan beku biasanya memanfaatkan cold  storage untuk menampung  ikan dan udang sebelum diekspor ke luar negeri. Saat harga ikan dan udang turun maka para pengusaha biasanya menyimpannya di dalam cold storage dan baru dilepas setelah harga stabil atau kembali naik. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian.


Cold Storage untuk Penjual Bahan Makanan Beku


Tak jauh berbeda dengan eksportir, para pelaku usaha yang menjual produk makanan baku terutama ikan dan udang sangat bergantung pada cold storage untuk ikan dan udang. Tentu saja penyimpanan di dalam ruang bersuhu dingin dilakukan agar produk ikan dan udang tetap terjaga kesegarannya hingga sampai ke tangan konsumen. 

Keberadaan ikan dan udang beku sangat berperan penting dalam pendistribusian hasil laut ke seluruh wilayah di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia tidak hanya di bagian pesisir saja akan tetapi banyak wilayah Indonesia yang jauh dari pesisir sehingga tidak bisa menikmati ikan segar. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi ikan dan udang beku yang kualitasnya tetap terjaga karena disimpan di dalam cold storage.


Harga Cold Storage Room untuk Ikan dan Udang


Harga cold storage untuk ikan dan udang adalah… … harga ini belum termasuk PPN, biaya packing, biaya pengiriman dan juga biaya instalasi oleh teknisi. Untuk skema pembayarannya dilakukan 50% saat Anda melakukan pemesanan lalu 45% dibayarkan saat mesin mulai dikerjakan dan 5% sisanya dibayarkan saat cold storage sudah siap dikirim ke tempat Anda.


Jasa Fabrikasi Cold Storage Room Bergaransi Resmi


Jual Cold Storage Room Ikan, Jual Cold Storage Room Udang, Harga Cold Storage Room Ikan, Harga Pembuatan Cold Storage Room Udang

Membeli cold storage untuk ikan dan udang bukanlah perkara mudah karena Anda harus mencari penjual yang berani memberikan garansi. Hal ini dilakukan untuk antisipasi jika suatu saat mesin tiba-tiba rusak akibat cacat produksi. Dengan adanya garansi maka Anda bisa mengklaim dan meminta agar mesin diganti dengan yang baru atau diperbaiki hingga bisa digunakan tanpa adanya biaya tambahan. 

Tidak perlu bingung atau ragu cari pabrik cold storage untuk ikan dan udang yang bergaransi karena kami merupakan produsen mesin-mesin pendingin termasuk cold storage untuk berbagai kebutuhan yang berani memberikan garansi selama setahun terhitung setelah mesin selesai instalasi dan 18 bulan terhitung sejak mesin dikirim. 

Jadi tunggu apa lagi? segera hubungi kami dan miliki cold storage bermutu tinggi dengan cara mudah yaitu cukup melalui sambungan telepon atau chat wa ke nomor 081231316315.


© Copyright 2022 Pabrik Cold Storage | TELP: 0812-3131-6315

Form WhatsApp

Isi Sesuai Dengan Estimasi Kebutuhan Anda.

Kirim WhatsApp