Chat WhatsApp

CALL: 0812-3131-6315, Jual Cold Storage Room untuk Sayuran dan Buah-buahan

shape image

CALL: 0812-3131-6315, Jual Cold Storage Room untuk Sayuran dan Buah-buahan

Cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan adalah sebuah ruangan khusus yang dibuat untuk menyimpan buah dan sayur supaya tetap terjaga kesegarannya dengan cara mengatur suhu tertentu di ruangan itu. Buah dan sayur merupakan bahan pangan yang cepat sekali rusak sehingga harus disimpan di tempat khusus dengan suhu tertentu.


Suhu Terbaik untuk Menyimpan Sayur dan Buah


Cold Storage Buah dan Sayur, Ruangan Penyimpanan Sayuran dan Buah, Jasa Pembuatan dan Fabrikasi Cold Storage

Sayur dan buah yang akan segera diolah atau dikonsumsi mungkin tidak perlu disimpan dalam ruang khusus. Akan tetapi jika Anda merupakan pelaku usaha yang menginginkan sayur dan buah selalu dalam kondisi segar dan awet maka sangat butuh yang namanya cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan. Sebagai pengusaha tentu merupakan kerugian jika sayur atau buah layu dan busuk sebelum laku terjual. 

Dalam menyimpan bahan makanan, terutama sayur dan buah harus memperhatikan beberapa hal supaya sayur dan buah tetap terjaga kesegarannya ketika disimpan di cold storage room

Sayur, buah, minuman dan makanan harus disimpan dalam ruangan bersuhu 7 derajat celcius sampai dengan 10 derajat celcius supaya tetap segar dalam jangka waktu lebih dari satu minggu.


Cold Storage untuk Supermarket


Supermarket adalah salah satu jenis usaha yang membutuhkan cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan karena masyarakat sudah sangat familiar bahwa hampir semua barang yang dibutuhkan untuk sehari-hari tersedia di supermarket termasuk sayur dan buah-buahan segar. 

Jenis ruang pendingin yang paling cocok untuk supermarket adalah ruang cold storage room split. Ruangan Pendingin jenis ini memiliki sistem kipas pembuangan di luar sehingga bagian dalam supermarket tidak akan terpengaruh oleh suhu panas dari pembuangannya. Perlu diketahui bahwa suhu panas bisa merusak produk-produk lain yang ada di dalam supermarket. Biasanya cold storage room yang ada di supermarket memiliki kapasitas besar.


Cold Storage untuk Restoran


Selain supermarket, restoran merupakan salah satu usaha yang paling sering memanfaatkan cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan. Hal ini dilakukan untuk menjaga supaya stok sayur dan buah-buahan selalu ada. 

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus belanja sayur dan buah setiap hari sedangkan yang namanya usaha ada pasang surutnya. Dengan menjaga stok sayur dan buah di dalam Ruangan Pendingin maka Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap stok sayur dan buah walaupun restoran dalam kondisi ramai ataupun sepi. 

Saat ramai Anda tidak perlu repot repot bolak-balik melakukan stok sayur dan buah secara berulang kali sedangkan saat sepi sayur dan buah akan tetap terjaga kesegarannya hingga beberapa hari ke depan.


Cold Storage Room untuk Menyimpan Hasil Pertanian


Jual Cold Storage Hasil Pertanian, Ruangan Penyimpanan Sayuran dan Buah, Jasa Pembuatan dan Fabrikasi Cold Storage

Cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan sering digunakan oleh para petani modern untuk menyimpan hasil panen mereka. Beberapa jenis sayur dan buah hanya mampu bertahan beberapa hari saja hingga akhirnya membusuk jika tidak disimpan di dalam ruangan bersuhu dingin. 

Karena masa simpannya cukup pendek maka para petani memilih menggunakan cold storage untuk menyimpan hasil panen supaya lebih awet. Hasil panen yang tersimpan dengan baik dan terjaga kesegarannya bisa menekan kerugian yang mungkin terjadi karena pembusukan. 

Dalam pertanian, tuntutan terhadap jumlah produk sayur dan buah harus selalu ada dan stabil jumlahnya. Ketika jumlahnya terlalu banyak maka menimbulkan tidak semuanya bisa diserap oleh pasar, sedangkan jumlah yang terlalu sedikit menimbulkan kelangkaan pasar. Oleh sebab itu jumlahnya harus bisa dikendalikan. 

Selain itu, beberapa alasan yang menjadi penyebab buah dan sayuran harus disimpan dalam jangka waktu lebih lama adalah belum adanya pembeli karena sarana transportasinya belum ada atau belum sampai untuk memperpanjang waktu pemasaran dan menunggu naiknya harga supaya lebih menguntungkan. 

Beberapa jenis hasil panen yang sering disimpan di dalam cold storage room adalah wortel, bawang putih, lobak, kentang, buah bit dan lainnya. Suhu yang diperlukan untuk menjaga hasil panen tetap segar adalah 5 derajat celcius sampai dengan 10 derajat celcius. Jika Anda mengatur suhu dan kelembaban secara tepat, buah dan sayuran yang disimpan di dalam cool storage bisa bertahan sekitar 5 sampai dengan 7 bulan. 


Cold Storage Room untuk Distribusi Produk


Selain sering digunakan untuk menyimpan stok makanan yang jumlahnya banyak, cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan juga sering digunakan untuk menyimpan buah dan sayur yang akan didistribusikan ke tempat yang cukup jauh seperti pengiriman ke luar pulau atau luar negeri (ekspor). 

Biasanya pendistribusiannya menggunakan kapal ataupun mobil. Cold storage room ini diletakkan di dalam kapal atau mobil yang digunakan untuk pengantaran barang berupa sayur dan buah. Biasanya waktu yang dibutuhkan bisa sampai berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. 

Perjalanan yang jauh dan memakan waktu ini bisa membuat sayur dan buah busuk sebelum sampai tujuan jika tidak disimpan di dalam ruang khusus.


Cara Penyimpanan Sayur dan Buah di Cold Room Storage


Jual Cold Storage Buah dan Sayur, Ruangan Penyimpanan Sayuran dan Buah, Jasa Pembuatan dan Fabrikasi Cold Storage

Sebelum menyimpan sayur dan buah di cold storage room ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, berikut syarat-syaratnya:

  1. Buah dan sayur harus dalam keadaan bersih dan bebas dari hama maupun penyakit
  2. Buah dan sayur yang akan disimpan harus dipanen dalam keadaan matang yang sudah layak untuk dikonsumsi
  3. Buah dan sayuran tidak memiliki luka fisik
  4. Buah dan sayur segera disimpan dalam cold storage room setelah dipanen atau kondisinya masih segar
  5. Siap untuk siap untuk disimpan (sudah dibersihkan dan digrading)

Spesifikasi Cold Storage Room untuk Sayuran dan Buah-buahan


Agar bahan makanan bisa tersimpan dalam jangka waktu lama tentu saja cold storage dibuat menggunakan teknologi canggih dan bahan material berkualitas. Supaya bisa berfungsi, cold storage menggunakan energi listrik baik bersumber dari PLN maupun genset. Pada dasarnya ada tiga komponen dari cold storage room yaitu:

  • Kompresor
  • Unit pendingin
  • Tempat penyimpanan

Harga Cold Storage Room


Harga cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan adalah… . . Harga ini belum termasuk biaya instalasi atau pemasangan, biaya teknisi, biaya transportasi dan juga biaya PPN. 

Website atau toko lain mungkin menawarkan cool storage room dengan harga jauh lebih murah akan tetapi Anda jangan mudah tergiur dengan harga murah karena harga yang murah biasanya tidak diimbangi dengan kualitas produk. 

Karena cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama sebaiknya Anda pertimbangan untuk membeli cold storage yang benar-benar awet agar tidak mudah rusak.


Rekomendasi Tempat Membeli Cold Storage Room Untuk Buah dan Sayuran


Bagi Anda yang masih bingung dimana tempat membeli cold storage room yang terpercaya, maka Anda sudah berada di website yang tepat karena kami merupakan pabrik produsen cold storage room untuk berbagai kebutuhan baik untuk supermarket, restoran, hotel ataupun untuk pertanian. Pemesanan cold storage room untuk sayuran dan buah-buahan bisa via telepon ataupun chat wa ke nomor 081231316315.


© Copyright 2022 Pabrik Cold Storage | TELP: 0812-3131-6315

Form WhatsApp

Isi Sesuai Dengan Estimasi Kebutuhan Anda.

Kirim WhatsApp